Type to search

Bidang PP

Kunjungan peserta Training of Trainers (ToT) on Gender Responsive Planning and Budgeting for Fiji Development Officials di Kabupaten Sleman

Share

Rabu, 15 November 2017 di pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, sebanyak 13 pejabat perencanaan Republik Kepulauan Fiji yang berasal dari Kementerian Perempuan, Anak dan Pengentasan Kemiskinan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pegawai Negeri Sipil, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pembangunan Maritim dan NGO ‘Empower Pacific’ melakukan kunjungan ke Kabupaten Sleman dalam rangka kegiatan Training of Trainer (ToT) on Gender Responsive Planning and Budgeting for Fiji Development Official, diterima oleh Wakil Bupati Sleman . Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Perempuan, Anak dan Pengentasan Kemiskinan Republik Kepulauan Fiji , Kementerian PPPA RI, Kementerian Sekretariat Negara, USAID Indonesia, dan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas P3AP2KB.

Sambutan Bupati Sleman yang dibacakan oleh Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes selaku Wakil Bupati Kabupaten Sleman disampaikan bahwa 7 prasyarat PUG telah dilaksanakan di Kabupaten Sleman yaitu komitmen , kebijakan, kelembagaan, anggaran dan SDM, data pilah gender perempuan dan anak dan partisipasi masyarakat. Komitmen Kabupaten Sleman dalam pelaksanaan PUG tertuang dalam misi ke 5 yaitu meningkatkan kualitas budaya masyarakat dan kesetaraan gender yang proposional. Untuk mendukung dokumen pelaksanaan penganggaran yang responsif gender setiap Perangkat Daerah wajib mengumpulkan minimal 2 kegiatan yang responsif gender sejak tahun 2015 dengan dibuat Gender Budget Statment (GBS), Gender Analysis Pathway (GAP) dan Term Of Refrence (TOR).
Untuk mengetahui secara langsung pelaksanaan PUG di Kabupaten Sleman para peserta TOT didampingi Dinas P3AP2KB setelah diterima di Pendopo Rumah Dinas Bupati mengunjungi:
1. UPT P2TP2A di Paten, Tridadi, Sleman
2. Heraton Craft (Industri Rumahan), Palgading, Minomartani, Ngaglik
3. SMP N 1 Kalasan (Sekolah Ramah Anak),

Pimpinan rombongan menyampaikan dengan kunjungan tersebut lebih memperkuat alasan kerjasama antara negara Republik Kepulauan Fiji dengan negara Republik Indonesia dalam upaya mewujudkan Pengarusutamaan Gender di negara Republik Kepulauan Fiji.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *