Type to search

Penyuluh KB

Pertemuan BKB-HI Sakura : Tingkatkan Peran Ayah dalam Pengasuhan Balita agar Balita Semakin Cerdas

Share

SLEMAN – 17 November 2017, Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan ibu-ibu balita di Padukuhan Krasakan, Lumbungrejo, Tempel, Kelompok BKB-HI Sakura mengadakan simulasi BKB. Pertemuan ini diadakan rutin setiap 35 hari sekali (selapan) dan mengambil tempat di kompleks TK ABA Krasakan. Kali ini pertemuan didampingi oleh Chalimah Candra Dewi, S.Keb serta mengambil pokok bahasan 9 Dimensi Orang Tua Hebat.
Adapun 9 Dimensi Orang Tua Hebat merupakan panduan terkini untuk kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) yang diluncurkan oleh BKKBN. Harapannya, bisa meningkatkan kemampuan orang tua dalam pola asuh balita. Adapun kesembilan dimensi tersebut meliputi : (1) Bersiap-siap Menjadi Orang Tua, (2) Memahami Peran orang tua, (3) Memahami Konsep diri orang tua, (4) Melibatkan Peran Ayah, (5) Mendorong Tumbuh Kembang Anak, (6) Membantu Tumbuh Kembang Anak, (7) Menjaga Anak dari Pengaruh Media, (8) Menjaga Kesehatan Reproduksi Balita, dan (9) Membentuk Karakter Anak sejak dini.
Dalam kesempatan tersebut, ditekankan perlunya meningkatkan peran ayah dalam pengasuhan balita dan anak. Ayah yang terlibat sejak dini dalam pengasuhan anak terbukti memberikan efek positif bagi perkembangan anak.
“Ayah tidak hanya berperan mendukung ibu selama kehamilan, tapi ayah bisa ikut mengurus bayi sama seperti ibu kecuali dalam hal menyusui,” ucap Chalimah. “Ibu adalah madrasah/pendidik bagi putranya dan keluarga dan ayah adalah kepala sekolahnya. Sehingga tidak bisa lepas tangan. Ayah memonitor perkembangan pendidikan akhlak, moral, mental anak.”
Kedekatan ayah dengan anak yang sejak dini akan membuat ikatan emosional diantaranya semakin kuat. Pendampingan ayah yang sangat intim dengan anak akan membuat anak tumbuh semakin cerdas, percaya diri, memiliki kosakata yang lebih kaya, lebih sehat dan mudah bergaul. (xny)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *