Type to search

Berita Bidang PP

Pembinaan Pengurus dan Anggota HWDI Sleman Bidang Kesehatan : Upaya Pencegahan dan Penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM)

Share

Sleman, 24 Januari 2019

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas P3AP2KB dalam rangka  mendukung Perlindungan Perempuan khususnya  Disabilitas perempuan melakukan kegiatan bagi pengurus dan anggota HWDI (Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia). HWDI adalah organisasi wanita penyandang Disabilitas yang bergerak dalam bidang sosial, advokasi dan pemberdayaan.. Sebagai organisasi advokasi HWDI aktif berjuang dalam menegakkan hak-hak utama Penyandang Disabilitas sebagai bagian dari hak asasi. Hak Asasi Perempuan adalah hak setiap perempuan yang melekat pada dirinya. Pemenuhan dan perlindungan HAM Perempuan masih belum memadai, yang diukur dari pemenuhan hak dasar, hak sosial politik, hak ekonomi, hak mendapatkan perlindungan hukum serta hak reproduksi perempuan. Namun perempuan kadang kurang sadar akan kesehatan sendiri, oleh sebab itu diadakan pembinaan pengurus dan anggota HWDI bidang kesehatan dengan tema Upaya Pencegahan dan Penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Tahun 2016, sekitar 71 persen penyebab kematian di dunia adalah penyakit tidak menular (PTM) yang membunuh 36 juta jiwa per tahun

73% kematian saat ini disebabkan oleh penyakit tidak menular, 35% diantaranya karena penyakit jantung dan pembuluh darah, 12% oleh penyakit kanker, 6% oleh penyakit pernapasan kronis, 6% karena diabetes, dan 15% disebabkan oleh PTM lainnya (data WHO, 2018)

Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 28 Oktober 2019 di rumah ketua HWDI Sleman Dusun Nepen 01/15, Candibinangun, Pakem, Narasumber dari Puskesmas Pakem dihadiri oleh 30 orang pengurus dan anggota HWDI Sleman.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuh kesadaran pengurus dan anggota HWDI untuk tentang pentingnya upaya untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari resiko penyakit tidak menular.