Type to search

Berita Bidang P2KB

Dinas P3AP2KB Laksanakan Rapat Koordinasi Pojok Kependudukan

Share

Senin (16/03/2020) kemarin, bertempat di rumah makan Pringsewu Mlati, Sleman, Dinas P3AP2KB melaksanakan rapat koordinasi pojok kependudukan dengan mengundang sekolah/madrasah siaga kependudukan. Pertemuan ini dimaksudkan untuk mengkoordinasikan evaluasi sekolah/madrasah siaga kependudukan yang akan dilaksanakan bulan April mendatang, pojok kependudukan termasuk hal yang akan dievaluasi. Pojok kependudukan sendiri adalah sebuah lokasi yang didesain sedemikian rupa, digunakan untuk menempatkan literasi-literasi tentang kependudukan di sekolah, sehingga siswa tertarik untuk selalu berkunjung dan mencari pengetahuan tentang kependudukan di situ.

Di Kabupaten Sleman, pembentukan sekolah/madrasah siaga kependudukan masih pada tingkat SMP/MTs. Pada  tahun 2019 telah terbentuk 17 sekolah/madrasah siaga kependudukan dan 17 lagi di tahun 2020 ini. Animo dan atensi dari masing-masing sekolah/madrasah akan keberadaan sekolah/madrasah siaga kependudukan ini cukup luar biasa. Karena masing-masing juga telah mengetahui bagaimana masalah kependudukan yang ada saat ini, dan sedini mungkin memberikan pengetahuan kepada siswa-siswa tentang masalah dan dampak-dampak kependudukan. Dalam semangat itulah kemudian akan dilaksanakan evaluasi sekolah/madrasah siaga kependudukan.

Untuk teknis evaluasi, sekolah mengirim profil sekolah siaga kependudukan disertai dengan bukti kegiatan-kegiatan terkait kependudukan utamanya pojok kependudukan yang telah dilaksanakan di sekolah dalam bentuk soft file. Adapun untuk ketentuan terkait penyusunan profil sudah disampaikan oleh DP3AP2KB. Selanjutnya dari profil yang telah dikirimkan tadi akan dinilai dan diambil 5 besar yang akan dilakukan kunjungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *