Type to search

Berita Bidang P2HA

Sleman Gencar Laksanakan Pelatihan KHA bagi Forum Anak

Share

Meningkatkan peran dan fungsi Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor dalam pengarusutamaan hak anak menjadi alternatif solusi dalam percepatan Pencapaian Kabupaten Layak Anak di Sleman.

Terkait hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Sleman gencar melaksanakan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi Forum Anak. Melalui anggaran PUPM tahun 2020 ini telah dilaksanakan pelatihan KHA bagi Forum anak di empat  kecamatan yaitu Kecamatan Depok, Kecamatan Berbah, Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Moyudan,  masing-masing diikuti 60 (enam puluh) anak dari unsur Forum Anak Kecamatan dan Forum Anak Desa. Dengan demikian 240 (dua ratus empat puluh) forum anak telah terlatih KHA melalui anggaran PUPM tahun 2020.

Pelatihan KHA dimaksudkan agar Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk menemukenali permasalahan-permasalahan pemenuhan hak anak di lingkungannya. Melalui kegiatan pelibatan ini anak menjadi berfikir mengenai persoalan di lingkungannya, dan dapat mengidentifikasi persoalan yang ada untuk didiskusikan dan dipecahkan bersama. Mereka juga akan memperoleh pengalaman yang tak ternilai dan pada saatnya mereka juga mampu berkontribusi dalam proses perencanaan pembangunan.

Narasumber dan Fasilitator dalam pelatihan KHA adalah Tim dari Yayasan SATUNAMA, Yayasan SAMIN Yogyakarta, LSPPA Yogyakarta, Lembaga Pilar, dan YLPA Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah dan diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok anak-anak didorong untuk mengidentifikasi permasalahan hak anak di setiap klaster, kemudian merespon dan menjawab permasalahan tersebut dengan promosi hak anak melalui poster yang dibuat bersama kelompoknya menggunakan aplikasi Canva selanjutnya dipresentasikan di depan teman2nya. Dengan metode ini, materi pelatihan menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami.  (seksipha)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *