Type to search

Berita Bidang P2KB

Bimtek Pengelolaan Kampung KB Secara Virtual

Share

Tujuan dibentuknya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Bangga Kencana (dulu Program KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sedangkan secara khusus kampung KB dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfailitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program Bangga Kencana dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Kabupaten Sleman menjawab tantangan tersebut dengan membentuk Kampung KB di wilayahnya. Saat ini telah ada 34 Kampung KB di 17 kecamatan di Kabupaten Sleman. Melalui wadah kampung KB ini nantinya diharapkan pelaksanaan program Bangga Kencana dan program-program lainnya dapat berjalan secara terpadu dan bersama.

Masih dalam kondisi pandemi covid-19, kemarin (Rabu, 26 Agustus 2020) dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Kampung KB secara virtual. Kegiatan tersebut diampu oleh  Direktorat Analisis Dampak Kependudukan (Ditdamuk) BKKBN Pusat. Adapun peserta adalah OPD yang mengampu Kampung KB di tingkat Kabupaten dari seluruh wilayah Indonesia. Dari Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman sendiri diwakili oleh Tri Akhmeriyadi, SP, M.Si. selaku Kepala Seksi Pengendalian Penduduk, Advokasi dan KIE.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *