Type to search

Berita Bidang PP

SERIAL WEBINAR KEKERASAN SEKSUAL DI RANAH KELUARGA, PEKERJAAN DAN DUNIA DIGITAL

Share

Sleman, 24 Agustus 2020

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengikuti Serial Webinar Kekerasan Seksual di Ranah Keluarga, Pekerjaan dan Dunia Digital yang diselenggarakan oleh LRC-KJHAM ( Legal Resources Center  untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia.

Kasus terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM yang saat ini situasinya semakin memprihatinkan. Catatan tahunan komnas perempuan tahun 2019 terdapat 4.907 kasus kekerasan seksual yang menimpa perempuan. Artinya setiap harinya ada kurang lebih 14 kasus kekerasan seksual yang terjadi. Berdasarkan catatanLRC-KJHAM, sejak tahun 2016-2019 terdapat 1.145 kasus kekerasan terhadap perempuan, dengan 2.067 perempuan menjadi korban dan 1.531 diantaranya menjadi korban kekerasan seksual, sementara di tahun 2020 dari bulan januari-juni, LRC-KJHAM sudah menangani 68 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan, 52 diantaranya adalah kasus kekerasan seksual.

Webinar dilaksanakan  selama 2 hari yaitu hari Senin-Selasa, 24-25 Agustus 2020, dengan mengundang peserta sebanyak 103 orang dari Instansi dan lembaga terkait dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Narasumber dari LRC-KJHAM, Komnas Perempuan, Amnesti Internasional, Support  Group Sekartaji, SPEKHAM Surakarta dan Ketua PPT Seruni Kota Surakarta menggunakan apikasi Zoom Meeting.

Hasil yang diharapkan dari Serial Webinar selama 2 hari ini adalah mendapatkan strategi dan inovasi perempuan didalam penguatan kepemimpinan perempuan untuk penghapusan kekerasan seksual.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *