Type to search

Agenda Bidang KKK Wajib Dimumumkan Serta Merta

MONITORING DAN EVALUASI KAMPUNG KB DI KAB.SLEMAN

Share

Pada hari Selasa, 25 Agustus 2020, Dinas P3AP2KB Kab.Sleman melakukan monitoring dan evaluasi di 3 kampung KB salah satunya Kampung KB pakem menerima kedatangan Tim Monev dari DP3AP2KB Kab Sleman. Monitoring dan Evaluasi bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan Kampung KB setelah dibentuk pada akhir tahun 2017 yang lalu. Monitoring dan evaluasi meliputi aspek administrasi Kampung KB, administrasi dan kegiatan kelompok-kelompok kegiatan (BKS, UPPKS, PIK R), Poktan,serta Rumah Data Kependudukan.

Selain itu dilihat juga seberapa banyak keterlibatan lintas sektor yang telah berpartisipasi di Kampung KB serta inovasi yang ada di Kampung KB.

Hadir pula pada kegiatan Monev hari Senin adalah Camat, Lurah , Babinsa Kelurahan. Ibu Dra. Tina Hastani MM Dari DP3AP2KB Kab Sleman Yogyakarta yaitu Sekretaris DP3AP2KB, Kepala Bidang KKK, Kasie PKSK, Kasie Dalduk, beserta para staf dari Bidang KKK

Setelah dilakukan Monev 3 kecamatan dan kampung kb, didapat kesimpulan bahwa administrasi untuk Kampung KB sudah cukup baik, hanya ada sedikit kekurangan pada buku program kerja yang belum ada. Program kerja sudah ada dalam bentu soft copy pada sekretaris, namun karena masih berbentuk soft, sehingga belum bisa masuk ke dalam penilaian. Untuk kelompok-kelompok kegiatan, buku-buku admnistrasinya belum lengkap, padahal SK nya sudah ada, dan juga kegiatannya masi belum dapat berjalan rutin dan lancar.

Dari aspek Rumah Data Kependudukan, lokasi yang akan dijadikan Rumah Data sudah ada, data-data pun tersedia, hanya belum diset dan ditampilkan. Kepengurusan Rumah Data Kependudukan juga belumm dibentuk. Ke depannya agar dapat dibentuk pengurus Rumah Data Kependudukan, kemudian diadakan papan nama.

Selain administrasi, juga dilihat bagaimana Kampung KB telah berhasil mengajak warga PUS nya untuk ber-KB, terbuktu dengan adanya penurunan jumlah PUS UNmetneed dari sebelum .

Semoga dengan adanya monitoring dan evaluasi seperti ini dapat meningkatkan yang masih kurang, mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi yang sudah baik, dan menjadi Kampung KB Unggulan di Kab Sleman.

 

#jangan lupa dan terapkan selalu citacita mas jajar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *