Type to search

Berita Bidang PP

PARTISIPASI MUSLIMAT DALAM PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) DI KABUPATEN SLEMAN

Share

Sleman,  23 September 2020

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengadakan Peningkatan kapasitas PUG Bagi Forum PUG Bidang Agama Kabupaten Sleman Tahun 2020.

Permasalahan terkait perempuan dan anak di Kabupaten Sleman. Baik itu masalah kesehatan, kemiskinan, kekerasan, pernikahan dan perceraian dini  Kementerian PP-PA mengemas Programnya dengan Three Ends Plus yaitu :

  1. Akhiri Kekerasan pada perempuan dan anak
  2. Akhiri Perdagangan manusia
  3. Akhiri kesenjangan ekonomi pada perempuan

Plus akhiri ketertinggalan perempuan pada bidang politik

Berdasarkan hasil Evaluasi PUG Tingkat Nasional dari Kementerian PPPA RI Kabupaten Sleman telah mendapat predikat tertinggi yaitu MENTOR. Namun harapannya tidak sebatas penghargaan, tapi hasil pembangunan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat tanpa kecuali.  Untuk meningkatkan Sinergi, Kolaborasi dan Inovasi dari MUSLIMAT perlu dilakukan peningkatan kapasitas dalam pengarusutamaan gender.

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Rabu, 23 September 2020 bertempat di RM Pring Sewu, dengan peserta sebanyak 20 orang dari Pengurus Muslimat.  Nara sumber yang diundang dari :

  1. PSG UII dengan tema Gender, Kesetaraan dan Keadilan Gender
  2. Rifka Annisa dengan tema Pelaksanaan PUG melalui Three End’s Plus

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan partisipasi  MUSLIMAT dalam mewujudkan kesetaraan dan Keadilan Gender di Kabupaten Sleman