Type to search

Berita Bidang PP

PERAN AISYIYAH DALAM PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) DI KABUPATEN SLEMAN

Share

Sleman,  22 September 2020

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengadakan Peningkatan kapasitas PUG Bagi Forum PUG Bidang Agama khususnya Aisyiah Kabupaten Sleman Tahun 2020.

Tujuan terbentuknya organisasi masyarakat antara lain berdasar Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan adalah meningkatkan partisipasi,  keberdayaan kepada masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga anggota organisasi masyarakat harus dibekali tentang Pengarusutamaan Gender (PUG).  Upaya strategis yang harus dilakukan dengan memberikan pembekalan kepada Pengurus AISYIAH untuk meningkatkan peran Aisyiah  dalam penyelesaian isu-isu gender yang ada disekitarnya .

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Selasa, 22 September 2020 bertempat di RM Pring Sewu, dengan peserta sebanyak 20 orang dari Pengurus Aisyiah.  Nara sumber yang diundang dari :

  1. PSG UII dengan tema Gender, Kesetaraan dan Keadilan Gender
  2. Rifka Annisa dengan tema Pelaksanaan PUG melalui Three End’s Plus

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan partisipasi  AISYIAH dalam mewujudkan kesetaraan dan Keadilan Gender di Kabupaten Sleman.