Type to search

Berita Bidang PP

SOSIALISASI PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (PKDRT) SEJAK DINI BAGI PIK-R KABUPATEN SLEMAN

Share

Sleman,  15 September 2020

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengadakan Sosialisasi Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (PKDRT) Sejak Dini Bagi PIK-R Kabupaten Sleman Tahun 2020.

Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak  merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM yang saat ini situasinya semakin memprihatinkan. Berbagai upaya telah dilakukan, di Kabupaten Sleman diantaranya membentuk kelembagaan sampai tingkat bawah dalam upaya pencegahan dan penanganan korban kekerasan. Dimana tingkat kecamatan ada Forum Penanganan Korban Kekerasan (FPKK) dan tingkat desa ada Satgas PPA Desa. Seiring dengan itu maka perlu adanya pembekalan ilmu bagi remaja yang tergabung dalam PIK-R  dalam upaya pencegahan kekerasan..

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Selasa, 15 September 2020 bertempat di Aula Dinas P3AP2KB, dengan peserta sebanyak 20 orang dari Pengurus PIK-R Tingkat Kabupaten dan 17 Kecamatan.  Nara sumber yang diundang dari :

  1. Polres Sleman  dengan tema Sosialisasi UU PKDRT dan Gambaran kasus KDRT yang terjadi Kabupaten Sleman
  2. Rifka Annisa dengan tema Relasi Sehat Tanpa Kekerasan

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menurunnya angka kekerasan pada perempuan dan anak di Kabupaten Sleman.