Type to search

Berita Bidang P2KB

Koordinasi Awal Tahun Untuk Penyediaan Data dan Informasi Keluarga

Share

Kamis, 7 Januari 2021 – Di awal tahun 2021 ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman sudah bergerak melaksanakan kegiatannya yaitu rapat koordinasi penyediaan data dan informasi keluarga. Rapat koordinasi berlangsung di Aula Unit 1 Pemda Kabupaten Sleman dengan mengundang peserta Koordinator Penyuluh KB Kapanewon, Ketua Pokja Kampung KB dan Lurah yang membawahi Kampung KB. Pertemuan ini dilaksanakan dalam 2 sesi dan menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer sebelum masuk ruangan, memakai masker dan menjaga jarak antar peserta. Hal ini mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum ada kepastian kapan akan berakhir.

Koordinasi ini adalah untuk persiapan lebih awal terkait akan dilaksanakannya Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21) pada bulan April mendatang. Sebagai leading sector PK21 di Kabupaten Sleman, DP3AP2KB berkewajiban untuk menyampaikan informasi dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pelaksanaan PK21 nantinya dapat berjalan dengan baik. Pendataan keluarga sangat penting dilaksanakan, agar pemerintah memperoleh data basis keluarga dan anggota keluarga yang dapat memberikan gambaran tepat dan menyeluruh tentang hasil pelaksanaan program di lapangan sehingga dapat digunakan untuk kepentingan operasional, penetapan kebijakan, perencanaan, pengendalian dan penilaian oleh pengelola dan pelaksanana di semua tingkatan. Lewat PK21 ini nantinya data dan informasi keluarga dapat tersedia secara jelas dan rinci. Dalam Peraturan Kepala BKKBN Nomor 481/PER/G4/2016 Pasal 2, data dan informasi keluarga adalah data dan informasi hasil pengumpulan, pengolahan dan penyajian serta penyebarluasan data berdasarkan Pendataan Keluarga. Dengan melihat aturan yang sudah ada, jelas bahwa pendataan keluarga sangat penting dan sangat terkait dengan penyediaan data dan informasi keluarga.

Dalam koordinasi yang dilaksanakan kemarin, disampaikan kepada peserta materi paparan terkait dengan PK21, yaitu oleh Kepala DP3AP2KB dan Kepala Seksi Pengendalian Penduduk, Advokasi dan KIE. dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes. selaku Kepala Dinas P3A2KB menyampaikan sambutan dan arahan serta materi Kebijakan Pendataan Keluarga 2021. Sedangkan Kepala Seksi Pengendalian Penduduk, Advokasi dan KIE (Tri Akhmeriyadi, SP.M.Si) menyampaikan tentang Persiapan Pendataan Keluarga 2021.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *