Type to search

Berita Bidang P2HA

BIMTEK PATBM BAGI PONPES

Share

Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Sleman menggelar Bimtek Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) bagi pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Sleman. Acara berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 14 dan 15 April 2021 bertempat di Aula Lantai 3 Kemenag Sleman, dengan diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 24 pondok pesantren. Kegiatan dibagi menjadi dua hari dengan masing-masing berisikan 25 peserta mengingat pandemi covid-19 yang belum berakhir di wilayah Sleman, sehingga acara harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu pembatasan kapasitas ruangan dan tetap memakai masker selama kegiatan berlangsung.
Narasumber dalam Bimtek PATBM terdiri dari Kepala Kemenag Sleman (Drs. Sa’ban Nuroni, MA) dan Kasi. Pendidikan Pondok Pesantren (Sangaji, SH.I) dengan materi kebijakan Kementerian Agama tentang pondok pesantren. Lembaga masyarakat turut menjadi narasumber, dalam kegiatan ini yaitu dari LSPPA DIY (Agus Ruyanto, S.Sos) dan YLKA DIY (Nyadi) dengan masing-masing menyampaikan materi tentang pondok pesantren ramah anak serta PATBM di pondok pesantren.
Bimtek PATBM bagi pengasuh pondok pesantren bertujuan mengajak serta lembaga-lembaga yang lekat dengan pengasuhan dan pendidikan bagi anak-anak untuk terlibat aktif dalam perlindungan anak. Pondok pesantren identik dengan lembaga pendidikan keagamaan dimana di dalamnya terdapat anak-anak sebagai santri yang berinteraksi di dalam lembaga selama 24 jam. Tidak dapat dipungkiri bahwa pondok pesantren yang dihuni anak dari berbagai latar belakang berpotensi menimbulkan pelanggaran hak anak. PATBM merupakan salah satu gerakan yang bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam melakukan pemenuhan hak dan perlindungan anak. PATBM perlu diinternalisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat supaya tumbuh kesadaran bahwa pentingnya memberikan perhatian kepada anak-anak di lingkungan sekitar. Wujud perhatian dari orang dewasa terhadap anak-anak dalam rangka mencegah terjadinya tindak kekerasan sekaligus sebagai upaya mengontrol perilaku anak agar sesuai dengan kaidah norma yang berlaku.
Bimtek PATBM bagi pengasuh pondok pesantren juga menunjukkan proses menuju Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak senantiasa dibangun. Sinergi dengan OPD serta lembaga masyarakat menjadi salah satu kunci tercapainya Sleman Layak Anak. Pasca kegiatan bimtek ini, Dinas P3AP2KB juga akan bersinergi dengan Kementerian Agama Kabupaten Sleman serta Bagian Kesra Setda Kabupaten Sleman untuk mengembangkan program masjid ramah anak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *