Bersiap menjadi Remaja Era “4.0” yang berdaya saing

 

Pelatihan Pendidik Sebaya PIK R

Pelatihan Pendidik Sebaya bagi pengelola PIK R ataupun remaja sangat penting dilaksanakan, Dinas P3AP2KB setiap tahunnya melaksanakan pelatihan bagi Remaja atau Pengelola PIK R yang ada di 17 kapanewon baik itu Pendidik Sebaya ataupun Konselor Sebaya. Pelatihan ini di ikuti oleh perwakilan remaja dari PIK R yang ada di kelompok-kelompok di lini wilayah baik Padukuhan, Kalurahan dan juga Kapanewon.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat membentuk remaja yang berketahanan serta remaja yang bisa merencanakan kehidupannya mendatang. Kecenderungan remaja lebih sejalan dengan teman sebayanya, menjadi salah satu tujuan agar para remaja yang sudah terlatih menjadi Pendidik Sebaya ini mampu memberikan Edukasi, Informasi bagi teman sebayanya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu sampai dengan Kamis tanggal 17-8 Maret 2021 bertempat  di Aula Lantai 3 Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman. Dalam pelatihan ini peserta mendapat materi dari berbagai narasumber terkait penguatan remaja tentang konsep mempersiapkan masa depan yang baik serta materi untuk menjadi Public Speaker  yang baik dan benar agar ketika menyampaikan informasi atau menjadi pembicara Audience merasa nyaman dan mudah menerima informasi yang disampaikan.

Pelatihan Pendidik Sebaya PIK RPada sesi terakhir peserta juga menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk dijadikan program Pribadi atau program kelompok sebagai tindak lanjut dari pelatihan Pendidik Sebaya ini, nantinya akan menjadi kader-kader PIK R selanjutnya yang menjadi ujung tombak menyampaikan informasi-informasi tentang Generasi Berencana ( GenRe). (EL)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *