PENYANDANG DISABILITAS MENGIKUTI PELATIHAN KETERAMPILAN, AGAR MAMPU BERKARYA DAN PRODUKTIF

Sebanyak 25 penyandang disabilitas yang tergabung dalam Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI Kabupaten Sleman mengikuti pelatihan keterampilan membuat manik-manik konektor masker, selama 2 hari di Aula Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman.

Kegiatan  ini diselenggarakan oleh Dinas P3AP2KB bekerja sama dengan POKJA II TP PKK Kabupaten Sleman sebagai narasumber pelatihan tersebut. Kepala Dinas P3AP2KB, mengemukakan “dilaksanakannya pelatihan ini, salah satu upaya dalam merespon kasus terapi vokasional bagi para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten  Sleman. “Peserta pelatihan ini terdiri dari penyandang disabilitas tuna rungu, disabilitas runguwicara, tuna daksa dan penyandang cacat. Komunitas mengirimkan sebanyak 25 orang peserta,” katanya Rabu (9/6/2021).

Kepala Dinas P3AP2KB, mengemukakan, sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-Undang, penyandang disabilitas  memiliki hak yang sama untuk memperoleh kehidupan yang layak, dalam pelayanan kesehatan, pendidikan dan sektor lainnya. Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman melalui Dinas P3AP2KB juga akan terus berupaya untuk memperlakukan hak-hak yang sama  terhadap warga disabilitas di Kabupaten Sleman.

Menurutnya, selagi ada kemauan, pasti ada jalan untuk mencapai tujuan dalam sebuah kehidupan. Karena keterbatasan fisik bukan suatu hambatan untuk tetap berkarya dan berbuat yang dapat memberikan manfaat bagi dirinya maupun orang lain. Kemudian dibalik kekurangan, pasti ada kelebihan serta ketajaman  dalam berpikir maupun bertindak. Sehingga akan lebih memudahkan dalam menjalani kehidupan.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *