Pelatihan Musrenbang Bagi Forum Anak Sleman 2019

By Admin / P2HA / 2019-05-31 11:27:38/ 0 Comments

Keberadaan Forum Anak yang telah terbentuk di 17 Kecamatan dan 38 desa, telah turut memberikan warna dalam proses pembangunan di Kabupaten Sleman.

Suara, aspirasi, kebutuhan dan kepentingan anak mulai didengar dan menjadi bahan pertimbangan dalam setiap proses perencanaan pembangunan, khususnya terhadap kebijakan yang berhubungan dengan kepentingan anak.

Terbukti setiap pelaksanaan musrenbang, pemerintah Kabupaten Sleman selalu mengikutsertakan anak-anak yang terwadahi dalam Forum Anak untuk turut berpartisipasi dalam proses penuyusunan Rencana Pembangunan.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas forum anak agar mampu berkontribusi dalam proses perencanaan pembangunan dan mampu menyampaikan aspirasinya, maka Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan bekal berupa pelatihan Musrenbang bagi forum anak.

Pelatihan Musrenbang yang dilaksanakan pada hari Minggu, bertempat di Hotel Prima SR Jl. Magelang Km. 11 Sleman diikuti oleh 50 anak yang terdiri dari Forum Anak Kecamatan dan Forum Anak Desa, dengan Narasumber dan Fasilitator dari Bappeda Kab secara upaten Sleman, LSPPA dan Yayasan SAMIN Yogyakarta, dibuka secara resmi oleh Dra. Tina Hastani, M.M, Sekretaris Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya Tina mengatakan bahwa anak-anak sleman diharapkan lebih kritis untuk melihat situasi dan turut serta dalam merencanakan pembangunan di wilayahnya, karena siapa lagi yang bisa mengetahui kebutuhan mereka kalau bukan anak-anak sendiri. Pelelatihan Musrenbang ini dimaksudkan untuk melatih anak-anak sleman menemukenali permasalahan-permasalahan perlindungan dan pemenuhan hak anak di lingkungannya; mendorong anak-anak sleman mampu menyampaikan aspirasinya dan berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan; dan Mendorong Forum Anak untuk menjadi Pelopor dan Pelapor Pemenuhan Hak Anak.

Pelatihan diakhiri dengan sesi Simulasi Pelaksanaan Musrenbang yang dipandu oleh Fasilitator. Anak-anak dikelompokkan sesuai dengan klaster perlindungan dan pemenuhan hak anak, dan bermain peran sebagai para pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan sebuah Musrenbang. Ada yang berperan menjadi Kepala Dinas, Ketua Bappeda, Camat, Kepala Desa, Dukuh, dan Masyarakat. Suasana yang menarik dan menjadi pengalaman yang berkesan itu semoga menjadi motivasi bagi anak-anak untuk terus berprestasi dan siap menjadi pemimpin di Negeri ini (seksipha). 

You might also like
0 Comments
Add A Comment
Submit a Comment

Your email address will not be published. Required field are are marked *