SOSIALISASI PERATURAN BUPATI PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN

By Admin / Bidang P2KB / 2019-04-02 10:00:03/ 0 Comments

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada hari Senin, 01 April 2019 mengadakan Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan yang dilaksanakan di Ruang Rapat B Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia ideal pada saat perkawinan. PUP bukan sekedar menunda sampai usia tertentu saja tetapi mengusahakan agar pernikahan dilakukan pada pasangan yang sudah siap/dewasa dari ekonomi, kesehatan, mental/psikologi.

Latar belakang disusunya Peraturan Bupati tersebut adalah tingginya kasus perceraian di Pengadilan Agama yang mengalami kenaikan dari 1998 menjadi 2200 yang disebabkan oleh perselisihan, faktor ekonomi dan kekerasan dalam rumah tangga. Masalah-masalah itu muncul salah satu penyebabnya adalah pernikahan dini.

Acara yang dihadiri oleh KUA, Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Bagian Hukum, Bagian Kesra, Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Kepala UPT P2TP2A dan Yayasan Rifka Annisa yang menjadi penyusun Perbub sekaligus narasumber dalam acara tersebut.

Dalam Sosialisasi Perbub PUP tersebut Rifka Annisa menyampaikan isi dan peraturan perundang-undangan serta mengajak diskusi seluruh peserta untuk memaksimalkan kandungan isi dalam perbub tersebut.

Penyusunan Perbub Pendewasaan Usia Perkawinan ini merupakan upaya untuk menjalin sinergitas antara OPD terkait untuk mencegah pernikahan dini dan menekan tingginya kasus perceraan yang semakin meningkat di Kabupaten Sleman.

You might also like
0 Comments
Add A Comment
Submit a Comment

Your email address will not be published. Required field are are marked *