Strategi Optimalisasi KTR di Sleman

By Admin / P2HA / 2019-05-31 11:29:11/ 0 Comments

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman, menyelenggrakan Focus Group (FGD) Discussion yang melibatkan Forum Anak Sleman, PIK-R dan Saka Kencana sebagai salah satu strategi untuk optimalisasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Pemerintah Kabupaten Sleman sejak tahun 2011 telah berkomitmen melaksanakan perlindungan dan pemenuhan hak anak dengan mengembangkan Program Kabupaten Layak Anak (KLA). Dalam implementasi  mewujudkan KLA, khususnya kluster kesehatan dasar dan kesejahteraan ,Pemerintah Kabupaten Sleman telah menetapkan  Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

FGD yang digelar di Aula Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman  diikuti oleh sebanyak  50 orang  dari unsur Forum Anak, PIK-R dan Saka Kencana, dibuka secara resmi oleh Dra. Tina Hastani, M.M., Sekretaris Dinas P3AP2KB didampingi oleh Dra. Sri Budiyantiningsih, M.Si., Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak.

Dalam sambutannya Tina menyampaikan  bahwa setiap orang berhak untuk menghirup udara bersih dan segar. "Tidak ada batas aman terhadap asap rokok, sehingga sangat penting untuk menerapkan 100 persen kawasan tanpa rokok untuk dapat menyelamatkan kehidupan."  Oleh karenanya melakukan upaya preventif dan promotif agar anak-anak di Kabupaten Sleman tidak merokok menjadi hal yang sangat penting.

FGD yang terselenggara bekerja sama dengan  Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dimaksudkan untuk Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya rokok; Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Kawasan Tanpa Rokok; Mendorong generasi muda untuk berperan aktif dalam implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Sleman.

Salah satu output yang dicapai dalam pelaksanaan FGD ini, Forum Anak, PIK-R, dan Saka Kencana melaksankan  Deklarasi Bersama dan berkomitmen untuk menjadi pelopor tidak merokok, mendukung implementasi KTR mewujudkan Sleman Kabupaten Layak Anak (seksi pha).

You might also like
0 Comments
Add A Comment
Submit a Comment

Your email address will not be published. Required field are are marked *