THREE ENDs DI KAMPUNG KB RAMAH ANAK DAN RESPONSIF GENDER KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019

By Admin / Bidang PP / 2019-04-29 17:02:15/ 0 Comments

Sleman, 29 April  2019

Kabupaten Sleman melalui Dinas P3AP2KB mensosialisasikan Program dari Kementerian PP-PA  melalui THREE ENDs PLUS  yaitu :

  1. Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak
  2. Akhiri perdagangan manusia
  3. Akhiri kesenjangan ekonomi pada perempuan

Plus akhiri ketertinggalan perempuan dalam politik

Sebagai bentuk upaya perlindungan Perempuan dan Anak di Kabupaten Sleman, yang telah dilakukan melalui berbagai strategi mulai sosialisasi peraturan yang ada, pembuatan Perda dan perbup, melengkapi sarana dan fasilitas seperti UPTD PPA, PUSPAGA dan lain sebagainya. Korban kekerasan pada perempuan dan anak di Kabupaten Sleman jenisnya mulai beragam dan jumlahnya terus meningkat. Data dari FPK2PA menunjukkan angka KDRT tahun 2017 berjumlah  298 kasus dan tahun 2018 naik menjadi 301 kasus yang korbannya terbanyak pada perempuan dan anak perempuan. Tidak menutup kemungkinan kedepannya akan merambah ke Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), mengingat adanya bonus demografi maka jumlah penduduk usia produktif mendominasi dan persaingan kerja juga semakin ketat.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 29 April 2019 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati dengan mengundang narasumber dari :

1. Yayasan SAMIN dengan tema Modus TPPO melalui Media Sosial

2. Dinas Tenaga kerja dengan tema Antisipasi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) pada pencari kerja

Peserta sebanyak 75 orang dari 17 Kampung KB sesuai Surat Keputusan Bupati No. 52/Kep.KDH/A/ 2016, tanggal 26 Agustus 2016.

Melalui kolaborasi, sinergi dan inovasi di wilayah  mencegah terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) untuk mewujudkan Kampung KB yang ramah anak dan responsif Gender di Kabupaten Sleman.

You might also like
0 Comments
Add A Comment
Submit a Comment

Your email address will not be published. Required field are are marked *